Langkah Dalam Melakukan Ekspor Ke Luar Negri (Membuka Pasar Ekspor)

print this page
send email
Langkah Dalam Melakukan Ekspor Ke Luar Negri (Membuka Pasar Ekspor) dalam hal ini ada beberapa saran ‎maupun pertanyaan yang harus kita wanti-wanti sebelum kita mulai action atau menggelutinya. Hal ini juga ‎merupkan pengetahuan dasar yang harus kita ketahui sebelum tahu cara atau alur dalam melakukan suatu ‎transaksi yang bernama ekspor ini. Agar nantinya tidak terjadi kesalahan yang akan menimbulkan kerugian yang ‎tidak sedikit. Sebab, bisnis semacam ini bukan bisnis kecil-kecilan, apatah lagi antara pembeli dan penjual ‎cenderung hanya berkenalan lewat media online saja.‎

Saran dalam Langkah Jika Ingin Mengekspor Produk
  1. Jangan pernah melakukan trip ke luar negri untuk mengikuti promosi perdagangan atau pameran dagang ‎sebelum kita benar-benar tahu kebutuhan dan keinginan buyer pada target pasar di daerah atau Negara ‎tersebut. Hal ini perlu diperhatikan terutama untuk produk-produk seperti fesyen, tekstil, tas, garmen, ‎handicraft, dan sepatu.‎
  2. Sebaiknya persipakan terlebih dahulu catalog beserta price list atas dasar CNF dan CIF, serta forecast mengenai ‎time of delivery dan minimum maupun order yang sanggup kita kerjakan.‎
  3. Cari sebanyak-banyaknya impores list yang berhubungan dengan produk anda, bisa melalui internet maupun ‎majallah dan buku yang uptodate soal data imporer di Indotrade Guide atau bisa diperoleh di BPEN (Badan ‎Pengembangan Ekspor Nasional) dan situsnya.‎
  4. Berdasarkan informasi yang sudah diperoleh, kita harus mengetahui calon buyer kita. Termasuk di dalamnya ‎end user, trading house, dan wholesalers.‎
    langkah ekspor barang
    Gambar oleh djpen.kemendag.go.id
Pertanyaan-Pertanyaan Penting Dalam Langkah Melakukan Ekspor
  1. Ada beberpa pertanyaan yang harus selalu timbul dan harus kita jawab sendiri. Atau kita harus mencari tahu ‎jawabannya sebelum kita melangkah lebih jauh dan memasarkan produk kita ke luar negeri.‎
  2. Apakah memang sudah ada permintaan dari buyer potensial terhadap produk Anda?‎
  3. Mengenai jenis produk yang anda ciptakan, apakah sudah ada competitor di darah pasar yang anda garap?‎
  4. Apakah kita sudah mempersiapkan catalog atau brosur, ideal price, manual book, sesuai dengan bahas target ‎pasar anda atau apakah harus menyesuaikan bahasa yang dipakai oleh potensial buyer dalam melakukan ‎transaksi?‎
  5. Berapa idela price dan bagaimana term of delivery yang dikehendaki oleh pembeli kita nantinya?‎
  6. Bagaimana strategi dalam menentukan kebijaksanaan harga (pricing policy), apakah dengan sistem net price, ‎diskon, gabungan keduanya, atau commission system dan lain sebagainya?‎
  7. Bagaimana penilaian perbankan di dalam dan diluar negeri tentang kapabilitas, kredibilitas, integritas, reputasi ‎dan jaminan dari pembeli potensi, berkaitan dengan cara pembayaran?‎
  8. Bagaimana tentang regulasi impor di Negara pembeli anda, apakah ada permintaan khusus mengenai masalah ‎dokumentasi, perizinan, penentuan bea masuk, fasilitas serta keringanan bea dan apakah ada kuota sistem?‎
  9. Bagaimana dengan penilaian masyarakat internasional tentang stabilitas politik dan keamanan, apakan masuk ‎dalam golongan war risk country atau Negara beresiko perang pada Negara pembeli tersebut?‎
Demikian sekelumit Langkah Dalam Melakukan Ekspor Ke Luar Negri (Membuka Pasar Ekspor) yang disertai pertanyaan-pertanyaan penting seputar persiapan ekspor yang akan anda lakukan serta ‎saran saran yang sebaiknya anda ketahui dan jalankan jika ingin sukses dalam melakukan bisnis ekspor ini demi ‎untuk jangkauan pasar bisnis yang lebih luas dan menjanjikan. Selain itu pada artikel-artikel selanjutnya anda ‎akan kami berikan tips dan cara cara melakukan ekspor barang dengan baik.‎ Baca selanjutnya : Barang Ekspor Impor Indonesia (Produk UKM)

3 komentar: